Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun

  • Dian Miranda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Marmawi R Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Desni Yuniarni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Annisa Amalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia
Keywords: buku panduan; perkembangan social anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan buku panduan penilaian perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun untuk guru PAUD dan orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam pengembangan buku panduan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Implementasi dan validasi yang dilakukan dalam penelitian ini melibatkan dua orang ahli materi untuk mengukur strukutr dan materi yang dikembangkan dan lima orang calon pengguna yang terdiri dari dua orang guru PAUD dan tiga orang tua yang memilik anak usia 4-6 tahun yang mengukur dari segi kebermanfaatan, kelayakan, kesesuaian, dan tampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan peneliti memiliki materi yang relevan dengan perkembangan social anak usia 4-6 tahun dan dinilai sangat baik oleh calon pengguna.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-16