Efektivitas Pembelajaran Qurma (Qur’an Massive) Bidang Tahfidz dengan Metode Talaqqi di Madrasah Diniyyah Darussalam Kelurahan Tosaren Kota Kediri
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh banyaknya lembaga-lembaga sekolah atau diniyyah yang mana program tahfidz dijadikan sebagai program unggulan atau sebagai branding lembaga tersebut untuk menarik minat siswa untuk masuk pada lembaga tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Kota Kediri mengadakan program QURMA (Qur’an Massive) yang mana disetiap kelurahan diwakili satu lembaga yang menjadi tempat untuk pembelajaran. Qur’an Massive memiliki empat bidang pembelajaran, a. Bidang Tahfidz, b. Bidang Khat, c. Bidang Tilawah, d. Bidang Tarjim. Namun dalam penelitian ini penulis hanya menfokuskan penelitian di bidang Tahfidz. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di ambil rumusan masalah sebagai berikut, bagaimana proses implementasi Qur’an Massive? Efektif kah program tersebut? Bagaimana solusinya apabila ada target capain yang belum tercapai. Dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data penggunaan metode interview dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan tiga tahapan diantaranya, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Secara keseluruhan Proses implementasi Qur’an Massive di Kota Kediri berjalan dengan baik. Namun masih belum sempurna, terlihat dengan adanya beberapa problem-problem yang di hadapi. Kedua, Hasil yang telah di capai dari Program Qur’an Massive sudah bagus tetapi belum merata disetiap lemabaga dikarenakan tidak samanya metode yang digunakan. Dalam hal ini penulis memberikan solusi Metode Talaqqi untuk meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran Qur’an Massive di Madin Darussalam Kelurahan Tosaren Kota Kediri demi tarcapainya cita-cita Pemerintah Kota Kediri untuk membumikan Al-Qur’an di Kota Kediri.
Downloads
Copyright (c) 2022 Siti Mahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.