Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Tangerang 5.pdf

  • Sumiyani Sumiyani
  • Ina Magdalena
  • Asih Rosnaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi bahwa adakah perbedaan yang signifikan pada siswa. Keterampiln membaca intensif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia antara siswa yang diberi pengajaran model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan siswa yang diberi pengajaran metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi-eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Tangerang 5. Terdiri dari 36 siswa, kelas IV A sebanyak 18 anak termask dalam kelas eksperimen dan kelas IV B dengan 18 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan pada posttest thitung =-2,538  lebih besar dari ttabel = -2,04 (dua arah) untuk db = 34 pada α = 5%. karena Thitung> Ttabel maka H0 ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Bisa diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN Tangerang 5
 
Kata kunci : Keterampilan Membaca Intensif, Model pembelajaran, CIR

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20