Hubungan Dukungan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini diambil dari 60 responden terdiri dari kelas I, II, III, IV, V dan VI dengan menggunakan teknik stratified sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan intrumen angket untuk mencari data dukungan belajar PAI orang tua (X) dan menggunakan hasil nilai ujian semester untuk data prestasi belajar PAI (Y). Adapun metode analisi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N–2=58 diperoleh F tabel sebesar 4,01 sedang Freg sebesar 5,0484164. Jika dibandingkan keduanya Freg > Ftabel. Sedangkan sumbangan (X) terhadap (Y) sebesar 0,08 (8%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Ŷ =47,7373755 + 0,53767865 X. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis variabel dukungan belajar PAI orang tua dan variabel prestasi belajar PAI siswa di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu pada taraf signifikansi 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel dukungan belajar PAI orang tua berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu, dan juga bagi orang tua agar senantiasa memberikan perhatian dan bimbingan kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam mata pelajaran PAI.
Kata kunci : dukungan orang tua, prestasi belajar dan pendidkan agama Islam