Upaya Peningkatan Penguasaan Teknologi Guru SMK Negeri Darang dan Melalui Supervisi Akademik Multi Metode
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan guru harus melibatkan komponen tujuan, media, bahan, dan metode pembelajaran, alat penilaian, serta kemampuan guru dalam memamfaatkan aplikasi teknologi (literasi teknologi). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri Darangdan Kabupaten Purwakarta dalam menggunakan aplikasi teknologi, khususnya inshot. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian tindakan sekolah, yakni melakukan pembimingan kepada sebagian guru dalam satu sekolah, mengguakan berbagai tahapan, dengan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang telah dirubah sebagian. Strategi/Metode/Teknik Pembinaan yang dipakai yakni supervisi akademik multi metode. Pada siklus 1 menggunakan ObservasiRefleksi-Rekomendasi, dan Focused Group Discussion, selanjutnya dalam siklus yang ke 2 memakai IHT, Focused Group Discussion, serta Observasi-RefleksiRekomendasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menghasilkan data bahwa kemampuan guru SMK Negeri Darangdan Kabupaten Purwakarta dalam menggunakan aplikasi inshot, sudah menunjukkan terjadi progres yang baik setelah dilakukan supervisi, dari siklus I ke Siklus II. Siklus II mengakhiri pembinaan, dengan indikator skor guru minimal 80.00 sudah diatas 85%, yaitu sebesar 100%.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Teknologi, Supervisi Akademik Multi Metode