Distorsi Makna pada Mitos Keampuhan Susu Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun

  • Agus Salim Universitas Nasional, Indonesia
Keywords: Susu Formula, Iklan, Distorsi makna

Abstract

Iklan memiliki tujuan agar barang atau jasa yang diiklankan diminati oleh masyarakat, membangun awareness agar iklan tersimpan dibenak masyarakat. Iklan susu formula seperti SGM Eksplor yang menjadi susu yang paling banyak diminati masyarakat berupaya membuat mitos agar susu SGM Eksplor dapat tertanam di benak masyarakat dengan cara membuat pesan iklan yang menarik. Sayangnya pesan yang disampaikan menciptakan ambiguitas, sehingga membuat pesan dalam iklan tersebut menjadi distorsi atau khalayak dapat berbeda memaknai pesan iklan dalam tayangan iklan SGM Eksplor. Penulis berupaya mengungkap distorsi makna dalam pesan iklan tersebut dengan menggunakan teori semiotika Rolland Barthes untuk mengungkap mitos dalam pesan serta di perkuat dengan kajian pustaka dalam mencari makna sebenarnya dalam pesan iklan SGM Eksplor tersebut. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pesan dalam iklan yang menggambarkan seorang anak yang supel, berfikir kreatif serta percaya diri seolah semua kategori tersebut dapat dicapai dengan memgkonsumsi susu SGM Eksplor tersebut, penulis berusaha memaparkan dari hasil beberapa literature untuk menjabarkan kemampuan-kemampuan yang tergambar dalam pesan iklan susu SGM Eksplor.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-09