Kajian Kinerja Simpang Bersinyal Tiga Lengan dan Penerapan Model Simulasi Skenario Buka – Tutup (Studi Kasus: Pintu Satu Unhas dan Abdesir Kota Makassar)

  • Andi Muhammad Ifrad Universitas Muslim Indonesia Makassar
  • Lambang Basri Said Universitas Muslim Indonesia Makassar
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Universitas Muslim Indonesia Makassar
Keywords: Analisis Kinerja, Simpang Bersinyal Tiga, Skenario Buka – Tutup

Abstract

Kota Makassar sebagai salah satu kota yang perkembangannya sangat pesat serta pertumbuhan penduduknya yang tinggi tidak terlepas dari kondisi trasnportasi yang cukup ramai sehingga menimbulkan berbagai masalah sistem transportasi berupa kemacetan dan tundaan yang besar serta berdampak pada kinerja persimpangan. Analisis kinerja simpang tiga bersinyal pintu satu Universitas Hasanuddin dan Jalan Abd. Daeng Sirua di kota Makassar merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu melakukan perhitungan data berupa angka dan dianalisis secara statistik. Penelititan ini dianalisis pada saat volume puncak atau Peak Hour dari tiga hari survei. Metodologi yang digunakan pada penelitian persimpangan ini menggunakan metode survei lapangan dan dilakukan pemodelan arus lalu lintas menggunakan komputer yang ditunjang dengan software Vissim. Simpang bersinyal tiga lengan pintu satu Universitas Hasanuddin dan simpang bersinyal tiga lengan Jalan Abdullah Daeng Sirua dari hasil uraian di atas, kinerja simpang bersinyal pintu satu Universitas Hasanuddin, dalam kondisi eksisting memiliki tundaan simpang 19,957 detik/smp pada tingkat pelayanan D. Kapasitas lengan Utara 714, Timur 1839 dan Barat sebesar 3039, derajat kejenuhan arah Utara 0,695, Timur 0,689 dan Barat sebesar 0,692. Sedangkan kinerja simpang jalan Abdullah Daeng Sirua dalam kondisi eksisting memiliki tundaan simpang 44,460 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Kapasitas lengan Selatan 270, Timur 459 dan Barat 580, derajat kejenuhan arah selatan 0,811, Timur 0,780 dan Barat 0,784.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, W., Herlina, N., & Hidayat, A. K. (2015). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mitra Batik Kota Tasikmalaya). Akselerasi, 1(1), 1–8.

Aryandi, R. D., & Munawar, A. (2014). Penggunaan Software VISSIM untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta). FSTPT International Symposium, 1–10.

Bimaputra, A., Bemby, W. G. W., K, W., & Wicaksono, Y. I. (2017). Analisis Kinerja Simpang dan Ruas Jalan Di Kawasan Jalan Pahlawan, Kota Bandung. Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(3), 1–11.

Budiman, A., Intari, D. E., & Mulyawati, D. (2016). Analisa Kinerja Simpang Bersinyal pada Simpang Boru Kota Serang. Jurnal Fondasi, 5(2), 1–11.

Budi, Setio, Gonzales Sihite, Amelia Kusuma Indriastuti, and Yuli Priyono. 2017. "Perbandingan Kinerja Simpang Bersinyal Berdasarkan PKJI 2014 dan Pengamatan Lapangan (Studi Kasus: Simpang Jl. Brigjend Sudiarto/Jl. Gajah Raya/Jl. Lamper Tengah Kota Semarang)." Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 6, Nomor 2 180 - 193

Candra, F., & Widodo, W. (2017). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan PTV Vissim (Studi Kasus Simpang Empat Bersinyal Gemangan, Sinduadi, Sleman, Yogyakarta). Jurnal Fondasi, 1–17.

Ginanjar, A., & Farida, I. (2019). Pemodelan Simpang Bersinyal Terhadap Kinerja Simpang Jalan Terusan Pembangunan dan Jalan Proklamasi di Kabupaten Garut. Konstruksi, 17, 1–8.

Girsang, Marissa Octaviany. 2019. Evaluasi Kinerja Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia dan Webster. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Iqbal, & Roswita, C. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Pos Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Jurutera, 1–4.

Irawati, I., & Budiningrum, D. S. (2018). Analisis Panjang Antrian Berdasarkan Mikrosimulasi Pada Simpang Bersinyal. Teknika, 13(2), 1–6.

Jaya Wikrama, A. (2011). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Teuku Umar Barat – Jalan Gunung Salak). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 15, 1–14.

Khist, C. J., & Lall, B. K. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1 (S. . Lemeda Simarmata (ed.); 3rd ed.). Erlangga.

Lu, M., & Yan, S. (2019). Signal Light Ptimization based on PTV Vissim Software. Materials Science and Engineering, 688(4), 1–7.

Lubis, R. I., & Surbakti, M. S. (2017). Analisa Arus Jenuh Dan Panjang Antrian Pada Simpang Bersinyal Dan Mikrosimulasi Menggunakan Software Vissim (Studi Kasus : Simpang Hotel Danau Toba Internasional dan Simpang Karya Wisata di Kota Medan). Jurnal Teknik Sipil USU, 6(1).

Lubis, Mhd. Ihsan Putra. 2017. Analisa Traffic Light (Apill) pada Persimpangan Jalan Tritura (Jalan Bajak) Medan dengan Menggunakan Metode MKJI & Webster (Studi Kasus). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nindita, F. A. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Software Vissim (Studi Kasus: Simpang Ngabean Yogyakarta). 1–140.

Nugroho, U., & Dwiatmaja, G. C. (2020). Bantuan Perangkat Lunak Vissim Student Version. (Studi Kasus : Simpang Sompok , Candisari , Semarang). Jurnal Teknik Sipil, 16, 1–21.

Pehan, Rofinnus Nama, Ircham, and Veronica Diana Anis. 2020. "Analisis Simpang Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2014 (SImpang Jlagran Lor, Yogyakarta)." EQUILIB, Volume 01 nomor 02 89 - 98.

Pratama, C. A., Suyono, R. S., & Azwansyah, H. (2019). Penggunaan Software Vissim Untuk Perencanaan Simpang Jalan Ahmad Yani – Jalan Letjen Sutoyo – Jalan Veteran Di Kota Pontianak. 1–9.

Risdiyanto. 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi. Tegalrejo: PT Leutika Nouvalitera

Rusgiyarto, F., Hanafi, Desijayanti, G., & Islami, W. S. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang di Kota Cimahi Dengan Metode Simulasi. Transportasi, 19, 1–8.

Rumayar, A. L. E., & Jefferson, L. (2018). Analisa Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Tiga Bersinyal Di Manado ( Studi Kasus : Persimpangan Jalan R . E. Martadinata ). Jurnal Teknik Sipil Statik, 6(7), 481–490

Susilo, B. H. (2015). Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta : Universitas Trisakti

Susilo, Budi Hartanto, and Ivan Imanuel. 2018. "Analisis Lalu Lintas Penerapan Sistem Satu Arah di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta." Jurnal Teknik Sipil Volume 14 Nomor 2

Srie Kusumastutie, N., Rusmandani, P., Kusuma Pradana, M., Pamungkas, W., & Silvi Ersamaulia, M. (2020). Simulasi Penerapan Chicane Dengan Menggunakan Software Vissim. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(1), 1–14.

Suryaningsih, O. F., & Kurniati, E. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). Informasi dan Ekspose hasil Riset Teknik SIpil dan Arsitektur, 16(1), 74–84.

Tamam, M. F., Arief, B., & Rahmah, A. (2016). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Jalan Tegar Beriman – Jalan Raya Bogor). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Sipil, Universitas Pakuan, 1(1), 1–10.

Widyawan, S., & Rukman. (2019). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal untuk Meningkatkan Keselamatan pada Simpang Depok Kota Depok. AIRMAN: Jurnal Teknik Dan Keselamatan Transportasi, 1–16.

Yin, M. (2019). Intersection Signal Timing Optimization based on Webster Timing Method. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 371, 1–8.

Yulianto, B. (2020). Traffic Management and Engineering Analysis of the Manahan Flyover Area by using Traffic Micro-Simulation VISSIM. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 852, 1–9.

Yulipriyono, E. E., & Purwanto, D. (2017). Perubahan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Akibat Perubahan Karakteristik Operasional Kendaraan di Jalan Kota Semarang. Media Komunikasi Teknik Sipil, 23(1), 69.

Published
2023-05-25