Kompetensi Digital Peserta Pendidikan Jarak Jauh pada Balai Diklat Kegamaan Makassar
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kompetensi digital peserta pendidikan dan pelatihan jarak jauh Publikasi Ilmiah bagi Guru yang dilaksanakan oleh balai diklat keagamaan Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan instrumen self assessment digital compotence untuk responden sebanyak 40 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui level kompetensi digital yang terdiri dari level pengguna dasar, pengguna independen dan pengguna mahir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kompetensi digital peserta PJJ Pubikasi Ilmiah bagi Guru berada pada level menengah (pengguna Independen) yang merupakan level dominan yang dimiliki oleh peserta PJJ. Pengguna independen berarti pengguna telah mampu memproses informasi digital, informasi dari hasil browsing, serta mampu membuat, menyimpan dan mengakses konten digital secara independen tanpa memperoleh bantuan dari orang lain. Hal ini berarti sudah lebih banyak peserta PJJ mampu menjalankan aplikasi LMS Moodle pada pembelajaran jarak jauh meskipun tanpa bantuan dari panitia penyelenggara. Temuan ini menghendaki agar dalam menetapkan peserta pendidikan dan latihan jarak jauh hendaknya memilih calon peserta dengan level penggunan independent menggunakan instrumen self assessment competence dan disesuakan dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam menjalankan LMS yang digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2022 Muh Zainal, ST Kasmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.