Analisis Kebijakan Kurikulum Baru Dalam Perspektif Pedagogik Kritis : Telaah Kritis Kebijakan Pendidikan Indonesia
Abstract
Tulisan ini dimaksudkan untuk mengungkapkan dasar kebijakan kurikulum baru. Pedagogik berusaha menjelaskan dan meluruskan pendapat yang keliru menjadi pemikiran yang realistis. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (kepustakaan). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini dengan (1) Mengumpulkan bahan pustaka, (2) Membaca bahan pustaka, (3) Membuat catatan penelitian, (4) Mengolah catatan penelitian dan (5) Menyimpulkan hasil catatan penelitian. Hasil penelaahan kurikulum baru terdapat dampak positif dan negatif yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Ada lima catatan penting dari pemikiran analisis kurikulum (1) Indonesia mengalami neoliberal di dalam pendidikan, (2) Pendidikan dijajah oleh formalisme agama, (3) Menyebarnya paham fundamental agama dan ekonomi, (4) Bergerak dari pedagogik tradisional ke pedagogik kritis, (5) Berperan dalam demokrasi Indonesia.
Downloads
Copyright (c) 2022 Teni Marliyani, Tatang Muhtar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.