J, Upaya UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI FOCUSSED GROUP DISCUSSION DI MA BAITURRAHMAN GARUT

  • Jajang Jajang

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilaksanakan di MA  Baeturrahman Kecamatan Leles Garut, teridentifikasi masalah yaitu  guru-guru dalam menyusun RPP masih kebingungan dan kesulitan. Sehingga berdampak dalam menyusun RPP tidak mengikuti perkembangan, dan belum memuaskan serta belum mengikuti pengembangan RPP yang baik dan benar.  Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP tersebut, dilakukan dengan cara Focussed Group Discussion (FGD)  melalui penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu (1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah/ kasus dan merencanakan kegiatan pembinaan seperti mempersiapkan perangkat pembinaan, membuat alat evaluasi dan instrumen penelitian. (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan pembinaan dengan Kelompok Diskusi Terfokus untuk menyusun RRP. (3) Observasi, yaitu mengamati kegiatan dan hasil pembinaan. (4) Refleksi, yaitu menganalisa data hasil kegiatan dan pengamatan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwan tingkat kelayakan penyusunan RPP hanya mencapai 43.33%  cukup layak pakai dan 56,67 % kurang layak pakai. Hasil siklus I tingkat kelayakan penyusunan RPP mengalami peningkatan yaitu mencapai 73,33 % cukup layak pakai dan 16,67 kurang layak pakai. Hasil siklus II tingkat kelayakan penyusunan RPP mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 50 % sangat layak pakai, 50 % layak pakai. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa hipotesis tindakan terbukti, yaitu Penerapan Model Focussed Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) dalam menyusun RPP  dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan kompetensi Guru MA Baeturrahman Kecamatan Leles Garut.

 

Kata Kunci: Focussed Group Discussion, RPP, Menyusun RPP

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-24