Pembuatan Gelas Transparan Konduktif FTO (Fluorine-Doped Tin Oxide) Untuk Kit Sel Surya Berbasis Sensitasi Senyawa Organik / Dye Sensitized Solar Cell (Dssc) Teknik Deposisi Semprot dengan Menggunakan Pembakar Bunsen dan Alat Sederhana

  • Yoga Nugraha STIKES YPIB Majalengka, Indonesia
  • Rizki Rahmah Fauzia STIKES YPIB Majalengka, Indonesia
Keywords: Gelas Transparan Konduktif FTO (Fluorine-Doped Tin Oxide); teknik deposisi semprot; Dye Sensitized Solar Cell (DSSC); bahan ajar praktikum VNOST (View of Nature of Science and Technology).

Abstract

Kegiatan praktikum yang berdasarkan ilmu pengetahuan terkini jarang dilakukan karena terkendala peralatan yang memakan biaya yang mahal, salah satunya teknologi sel surya. Penggunaan kaca konduktif telah menjadi topik yang menarik dalam teknologi terkini. Teknologi ini dapat diimplementasikan pada sel fotovoltaik (solar cell) dan organic light-emitting diodes (OLED), yang sangat dekat dengan kebutuhan kita saat ini untuk menghadapi krisis energi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kegiatan praktikum di laboratorium kimia untuk pembuatan kaca konduktif permukaan berbasis Tin Oxide (FTO) yang didoping Fluor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian desain pendidikan dengan menggunakan kerangka dari Model of Educational Reconstruction (MER). Penelitian ini menghasilkan Kaca Transparan Konduktif FTO (Fluorine-doped Tin Oxide) dengan teknik spray deposition / Spray Pyrolysis menggunakan pembakar Bunsen, hasil optimasi beberapa kaca konduktif permukaan dengan ketahanan lembaran sekitar 1 – 10 kΩ. Hasil ini diperoleh dengan menerapkan sepuluh kali pendeposisian SnO2.F pada kaca, tiga kali penyemprotan, dan waktu pemanasan sekitar lima menit pada suhu 250 – 300 °C. Prosedur ini diperoleh dengan menggunakan alat laboratorium sederhana seperti pembakar Bunsen, yang tersedia di laboratorium kimia Dasar untuk menerapkan NOST (Nature of Science and Technology).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-19