Implementasi Spiritual Marketing Dalam Meningkatkan Kuantitas Pelanggan di Cv Surya Mandiri Cirebon
Abstract
Pemasaran memiliki peran pokok dalam peta bisnis suatu perusahaan dan berkontribusi terhadap strategi produk. Perusahaan baik berskala nasional ataupun internasional membutuhkan seorang marketer yang handal untuk memasarkan produk atau jasa. Seiring dengan perkembangan zaman, pemasaran juga mengalami transformasi dari level rasional berkembang ke level emosional dan akhirnya ke level spiritual. Wawasan tentang pemasaran menjadi sangat penting bagi perusahaan pada saat dihadapkan pada beberapa permasalahan, seperti melambatnya perkembangan perusahaan yang diakibatkan melemahnya daya beli masyarakat. Kegiatan pemasaran seharusnya dikembalikan pada karakteristik yang sebenarnya, yakni religius, beretika, realistis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Inilah yang dinamakan pemasaran spiritual, dan inilah konsep terbaik pemasaran untuk hari ini dan masa depan. Ada empat karakteristik spiritual marketing menurut Muhammad Syakir Sula yang dapat menjadi paduan bagi para pemasar, yaitu: Rabbaniyyah, akhlaqiyyah, waqi‟iyyah dan insaniyyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang implementasi spiritual marketing di CV Surya Mandiri dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah wakil direktur, supervisor, sales marketing dan pelanggan CV Surya Mandiri Cirebon. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat kesamaan dalam implementasi spiritual marketing perspektif Islam dengan implementasi marketing di CV Surya Mandiri Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh peningkatan kuantitas pelanggan akibat dari implementasi spiritual marketing di CV Surya Mandiri Cirebon.
Kata Kunci : Pemasaran, Spiritual Marketing, Implementasi, Pelanggan