Analisis Pelayanan Publik pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Tanjungpinang
Abstract
Penyelenggara pelayanan publik baik itu di Pemerintah Pusat maupun di Daerah tidak terlepas dari manusia yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tanpa adanya sumber daya manusia yang menjalankannya, maka pelayanan publik tidak dapat berjalan dengan baik dan atau dapat dikatakan tidak tersampaikan kepada masyarakat. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi kelas I Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah dengan interview, studi pustaka dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan, staf kantor dan masyarakat pengguna jasa, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari 1 orang pimpinan, 1 orang staf kantor, 2 orang masyarakat sedang mengurus berkas dan 2 orang masyarakat setelah pengurusan berkas. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis dengan beberapa informan, maka dapat disimpulkan bahwa prosedur pembuatan paspor dan visa dengan pertanyaan bagaimana prosedur pembuatan paspor dan visa di kantor Imigrasi Kelas I kota Tanjungpinang dapat dikatakan kurang sesuai dengan harapan. Hal ini dikarenakan, masyarakat dapat mengetahui bahwa dalam prosesnya harus melalui website, namun dalam proses pendaftarannya masyarakat mengalami kendala dengan kurangnya masyarakat yang mengetahui media sosial dan merasa kesulitan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Surya Kusumah, Dwi Vita Lestari Soehardi, Marina Lidya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.