Strategi Rebranding Kopi Robusta Way Kanan Melalui Integrated Marketing Communication (IMC)
Abstract
Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu kabupaten penyumbang kopi robusta di Provinsi Lampung dan Kabupaten ini telah melakukan branding melalui komoditas unggulan daerahnya yaitu kopi robusta dengan merek kopi putri malu, namun pada tahun 2017 Kabupaten Way Kanan gagal melakukan branding dikarenakan terjadi miss communication antara kepala daerah dengan stakeholder sehingga merek kopi putri malu digunakan oleh salah satu pelaku UKM dan berdampak pada ketidakharmonisan anta pelaku UKM. Oleh sebab itu, saat ini Kabupaten Way Kanan sedang serius melakukan rebranding kembali kopi robusta seiring dengan perubahan merek kopi robusta tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra sebuah daerah (city) untuk bersaing dengan daerah lainnya. Salah satu hal yang sangat penting dalam proses rebranding adalah penyampaian informasi mengenai perubahan identitas merek kepada masyarakat luas untuk menjaga loyalitas merek. Oleh karena itu diperlukan sarana komunikasi pemasaran yang tepat yaitu melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis proses strategi rebranding (rebranding personality, rebranding postioning dan rebranding identity) yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Way Kanan terhadap salah satu produk unggulan daerah yaitu kopi robusta Way Kanan melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori brand dan equity, serta teori rebranding (Muzellec dan Lamkin). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding tidak dilakukan secara maksimal dikarena pemerintah kabupaten Way Kanan masih berfokus pada perbaikan hulu yaitu peningkatan jumlah hasil panen kopi yang berkualitas, sementara itu, elemen IMC (advertising, direct marketing, public relation personal selling dan sales promotion, yang digunakan oleh pemerintah kabupaten Way Kanan dalam melakukan strategi rebranding kopi robusta melalui word of mouth.
Downloads
Copyright (c) 2022 Ponita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.