Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis animasi untuk sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka, sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan mengeksplorasi jurnal-jurnal serta informasi lain yang relevan dengan kajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis animasi merupakan media yang efektif untuk dijadikan sarana pembelajaran, terdapat beberapa tahapan untuk menjadikan animasi sebagai media pembelajaran mulai dari menganalisa rumusan masalah dan tujuan materi pembelajaran, kemudian diolah ke dalam bentuk animasi video menggunakan perangkat lunak 2D atau 3D. Setelah itu, video animasi tersebut dievaluasi oleh tenaga pendidik agar tidak ada kekeliruan makna yang tersampaikan pada saat implementasi langsung di sekolah dasar. Implementasi media pembelajaran animasi di sekolah dasar dapat dilakukan melalui berbagai cara diantaranya yaitu melalui persentasi langsung menggunakan proyektor, atau melalui sosial media seperti Youtube, Whatsapp dan lain sebagainya.
Downloads
Copyright (c) 2022 Grace Devina Mulyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.