Pendidikan Karakter di Indonesia (Telaah Gagasan Haedar Nashir)
Abstract
Indonesia sedang mengalami krisisis moral yang ditandai dengan berbagai macam persoalan kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, bullying, korupsi, pelanggaran HAM dan sekelumit persoalan lain. Lingkaran masalah itu menjadikan kehadiran pendidikan dipertanyakan keberadaannya. Banyak pemikir yang merancang pendidikan karakter sebagai solusi persoalan moral di Indonesia, salah satunya adalah Haedar Nashir. Penelitian ini merupakan studi pemikiran tokoh Haedar Nashir. Dalam penelitian ini, subyek yang diteliti adalah Haedar Nashir. Peneliti melakuan wawancara langsung dengan subyek penelitian sembari menggali dan mengambil data dari sumber-sumber kepustakaan terkait. Data dianalisis secara mendalam untuk penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa pemikiran pendidikan karakter Haedar Nashir relevan dengan konteks masalah krisis moral yang terjadi di Indonesia. Tujuan pendidikan karakter menurut Haedar Nashir adalah usaha untuk membentuk manusia yang integral dan paripurna. Hal ini didukung oleh kualitas guru dan kurikulum yang komrpehensif, kurikulum yang tidak dipandang secara formal belaka. Pendidikan karakter di Indonesia juga didukung dengan kebijakan yang berangkay dari konstitusi yang berlaku.
Downloads
Copyright (c) 2022 Muh. Akmal Ahsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.