Peran Kearifan Lokal “BAPOKAT” dalam Mendukung Kepuasan Layanan Anggota KSP CU Pancur Kasih TP. Nanga Pinoh

  • Yulius Yulius Magister Manajemen, Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: Kearifan Lokal “bapokat”, Kepuasan Layanan,KSP CU Pancur Kasih TP. Nanga Pinoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kearifan Lokal “bapokat†dalam mendukung kepuasan layanan anggota KSP CU Pancur Kasih TP Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan metoda kualitatif dengan studi kasusjamak. Metoda pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukanstudi kasus dengan informan internal (manajemen CUPK) dan informan eksternal (anggota CUPK). Teknik analisis data pada penelitian inimenggunakan analisis studi kasus. Hasil temuan penelitian inimenunjukan bahwa manajemen CUPK telah melakukan bapokat dalam mengambil setiap kebijakan. Berdasarkan temuan penelitian ini juga menunjukan anggota kurang puas dengan pelayanan CUPK karena bapokat belum dilakukan dengan tepat menurut keinginan anggota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdulsani, dkk. (2020) Nilai Kearifan Lokal Sakai Sambayan (Studi Pada Kehidupan Masyarakat Adat di Desa Maja, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan).Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, Vol. 22, No. 1 Maret 2020: 91-105

Annisa Vira Widesma1 & M. Fachri Adnan (2019).The Role of Local Wisdom Values in The Implementation of The Development of Nagari Kamang Mudiak, Agam District, West Sumatera. Public Administration, Faculty of Social Science.Juli 2019Volume 9 No. 2

Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

A. Parasuraman, Valerie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. (1988). “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) PP 12-37.

Aryati, Bertha Ajeng. (2011). Analisis Pengaruh Kepuasan pada Loyalitas Anggota Credit Union Pancur Kasih Kabupaten Kubu Raya Pontianak. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. Indonesia.

Betty Tresnawaty (2020). Prinsip Kearifan Lokal ‘Sabilulungan’ dalam Pengembangan Strategi Kehumasan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 4 Nomor 2 (2020) 229-248

Bramantio. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan PelangganSerta Dampaknya terhadap Word of Mouth (WOM)padaKoperasi Simpan Pinjam (KSP) Usaha Mandiri, Kota Bekasi,Jawa Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Indonesia.

Creswell W. John & J. David Creswell (2018) Research Design Qualitative, Quantitative and mixed methods approaches. California. Sage Publications inc.

Daniel I. Prajogo (2016). Human capital, service innovation advantage, and business performance The moderating roles of dynamic and competitive environments. International Journal of Operations & Production Management Vol. 36 No. 9, 2016 pp. 974-994.

Devi, Reski dkk. (2018). Pengaruh Nilai-nilai Kearifan Lokal Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulu Kumba. Jurnal Administrasi Publik, Desember 2018 Volume 4 Nomor 3

Eko, Michell Hardian (2015) Peranan hukum dalam pemberdayaan Credit Union di Kalimantan Barat Studi kasus di CU Lantang Tipo. Universitas Tanjung Pura. Pontianak. Indonesia

Evi Maya Savira and Krismiyati Tasrin (2017). Involvement of Local Wisdom as a Value and an Instrument for Internalization of Public Service Innovation.I nternational Journal of Administrative Science & Organization, January 2017 Volume 24, Number 1

Frederik Thuesen (2017). Linguistic barriers and bridges: constructing social capital in ethnically diverse low-skill workplaces. Work, employment and society 2017, Vol. 31(6) 937–953


Kamabas, Martinus Lukas. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Budaya Organisasi Credit Union. Tesis. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. Indonesia.

Kristiani Fransiska, dkk. (2014)Pengaruh Kinerja Pengurus Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Kredit Bonaventura di Kecamatan Samalantan. Skripsi. Universitas Tanjung Pura. Pontianak. Indonesia.

Kumju Hwang (2013). Effects of the Language Barrier on Processes and Performance of International Scientific Collaboration, Collaborators’ Participation, Organizational Integrity, and Interorganizational Relationships. Science Communication 35(1) 3–31

M. Yoga Ganarditya dkk (2019). Pengaruh Kearifan Lokal Terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyelewengan Dana BANSOS). FISIP Adm. Publik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Majid, Abdul. 2017. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Aksara Timur.

Moleong J. Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munaldus, Yuspita Karlena, Yohanes RJ, Saniansah, dan B. Hendi. 2012. Credit Union: Kendaraan Menuju Kemakmuran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mundardjito. 2009. Sejarah Kebudayaan Indonesia: Sistem Teknologi. Jakarta: Rajawali pers

Niriender Kumar Piarala & Norazuwa Matl. 2013. Human resource management factors and service recovery performance in Malaysian life insurance industry Exploring the moderating effects of employment status. Received 22 July 2013 Revised 17 October 2013 29 October 2013 3 November 2013 Accepted 6 November 2013.

Niza, Alvira Fitria. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Internasional pada Pembentukan Keputusan Membuka Usaha Baru di Luar Negeri (Studi Kasus: Dua Cofee DC). Skripsi. Universitas Katolik Atmajaya. Jakarta. Indonesia.

Novianingsih, Veronika Septi. (2019). Pengaruh Kualiats Pelayanan, Kepercayaan Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Melalui Kepuasan Anggota (studi kasus pada KSP CU Pangudi Luhur Kasih Pusat di Semarang). Tesis. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Indonesia.

Nurulhady, Hany. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Aseli Dagadu Djokdja. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Indonesia.

Rapanna, patta. 2016. Membumikan Kearifan Lokal dalam kemandirian ekonomi. Makassar: CV. Sah Media

Prabandari, Yayi Suryo dkk. 2020. Ilmu Sosial Perilaku Untuk Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sa´adah lailatus, Abdullah fajari munir. 2020. Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen.Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Sawir, Muhammad. 2020. Birokrasi Pelayan Publik. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Ketiga. Jakarta: Prenada Media Group (Divisi Kencana).

Sirtha, I. N. 2003. Pariwisata Dalam Kaitannya dengan Sosio-Kultural Masyarakat Bali. Denpasar. Matrikulasi Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana.

Soebadio, Haryati. 1985. Budaya dan Manusia Indonesia. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya

Sudarmadi. 2007. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Empiris: Karyawan Administratif Universitas Semarang). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang. Indonesia

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Tersiana, Andra. 2020. Metode penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Tina kartika (2016). Verbal Communication Culture and Local Wisdom: The Value Civilization of Indonesia Nation.Lingua Cultura, 10 (2), November 2016, 89-93

Ulfah Fajarini (2014). Peran Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktia Social Science Education Journal. 1 (2).

Wyckof. 2002. Prinsip Pemasaran, Edisi ketujuh, Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Yin, K. Robert. 2014. Case Study Research (Design and Methods). London: SAGE Publication, Inc.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Published
2022-05-31