Analisis Faktor – Faktor Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Variabel Moderating Kepuasan Kualitas Pelayanan

  • Retno Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Gideon Setyo Budiwitjaksono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
Keywords: insentif pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, kepuasan kualitas pelayanan

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak adalah kondisi dimana Wajib Pajak melaksanakan segala kewajiban dan hak perpajakannya dalam bentuk formal dan material. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa insentif pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan kepuasan kualitas pelayanan sebagai variabel moderating. Penelitian ini diperoleh dari responden seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Timur sebesar 34.580 responden. Sampel yang digunakan rumus slovin sehingga didapatkan sebanyak 100 responden wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner. Selain data primer, penelitian ini juga menggunakan data sekunder. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa insentif pajak kendaraan bermotor tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Bea balik nama kendaraan bermotor berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kepuasan kualitas pelayanan berpengaruh dalam hubungan insentif pajak kendaraan bermotor terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kepuasan kualitas pelayanan tidak berpengaruh dalam hubungan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-30