Analisis Business Network, terhadap Kinerja Marketing Performance yang Dimoderasi Oleh Product Innovation Pada Usaha UMKM Cafe di Sidoarjo
Abstract
Industri Kecil dan Menengah telah berkembang sangat baik di Indonesia dan menjadi salah satu pilar kekuatan yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia karena kemampuannya sebagai akselerator dan contributor pertumbuhan ekonomi dan membuka sumber-sumber baru kewirausahaan. Industri Kecil dan Menengah diharapkan lebih kreatif dan mempunyai strategi pemasaran untuk menghadapi lingkungan bisnis yang semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Busines Network terhadap Marketing Performance yang dimoderasi oleh Product Innovation, pada Usaha UMKM Cafe di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah Industri Kecil, Mikro dan Menengah Cafe di Kabupaten Sidoarjo, Jumlah sampel yang digunakan adalah 80 responden. Dengan Teknik pengambilan menggunakan teknik probability atau random sampling yaitu teknik sampling dengan setiap anggota populasi memiliki peluang sama dipilih menjadi sampel dengan peluang sama dipilih menjadi sampel. Dengan kata lain, semua anggota tunggal dari populasi memiliki peluang tidak nol. Sampel penelitian ini diambil dari populasi UMKM Cafe yang ada di Kabupaten Sidoarjo.
Hasil penelitian menenunjukan bahwa,X Business Network berpengaruh langsune terhadap Y Marketing Performance. Z Product Innovation berpengaruh langsung terhadap Y Marketing Performance, namun dalam uji moderasi , bahwa moderating effect tidak berpengaruh terhadap Y Marketing Performance Bahwa untuk mendorong kinerja marketing peneliti selanjutnga dapat menggunakan lebih banyak vasriable, dan dapat menggunakan variable customer centric yang sesuai dengan Usaha UMKM.
Downloads
Copyright (c) 2022 Budi Ganito, Wiwik Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.