Implementasi Penggunaan Aplikasi Sakti pada Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut dilakukannya transformasi penggunaan teknologi informasi pada seluruh lini kehidupan. Reformasi sistem teknologi informasi tidak hanya dilakukan pada sector private, tetapi juga dilakukan pada sektor pemerintahan. Reformasi ini dilakukan guna mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (Good Government Governance). Salah satu bentuknya adalah penggunaan Aplikasi SAKTI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pelaksanaan sistem akuntansi pada Satuan Kerja yang menggunakan aplikasi SAKTI; (2) proses integrasi data keuangan pada level Unit Akuntansi Satuan Kerja (UAKPA), Unit Akuntansi Tingkat Wilayah (UAPPA W), Unit Akuntansi Tingkat Eselon I (UAPPA E-1), maupun Unit Akuntansi Tingat Kementerian (UAPA); (3) Penggunaan aplikasi SAKTI dalam mendukung penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Kerja yang sudah mengimplementasikan Aplikasi SAKTI sampai dengan periode penyusunan Laporan Keuangan Tahunan tahun 2021. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan Aplikasi SAKTI dalam penyusunan Laporan Keuangan dirasakan sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam pelaksanaan akuntansi pemerintahan serta memudahkan dalam proses penyusunan Laporan Keuangan. Hal tersebut dikarenakan Aplikasi SAKTI memiliki keunggulan: (1) Single entry sehingga meminimalkan kesalahan input; (2) Integrasi data antar modul; (3) Data yang disajikan adalah data real time; (4) Dapat secara otomatis menghasilkan komponen laporan keuangan (Neraca, LRA, LO, dan LPE) sehingga memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan dalam setiap periode pelaporan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Yoga Aditya Pambudi, Safuan Safuan, Musa Alkadhim Alhabshy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.