Gerakan Milenial Indonesia Sulawesi Selatan dalam Pemenangan Pasangan Prabowo-Sandi pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Kota Makassar

  • Miftahul Khiyarah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Muhammad Alhamid Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Gustiana. A. Kambo Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin, Indonesia
Keywords: gerakan sosial baru; strategi; pemasaran politik

Abstract

Kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Makassar pada Pilpres Tahun 2019 menjadi bukti pengaruh gerakan milenial Indonesia Sulawesi Selatan (GMI Sulsel) pada masa kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan gerakan ini sehingga berhasil memenangkan pasangan Prabowo- Sandi di Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian gerakan ini menggunakan metode sosialisasi dalam kampanye dengan strategi pemasaran melalui media sosial dan melalui kegiatan kreatif. Upaya dengan metode tersebut berhasil mempengaruhi perspektif kaum milenial terhadap pentingnya partisipasi dalam proses politik karena pesan- pesan politik yang didistribusikan dilakukan secara sederhana sehingga mudah dipahami oleh kaum milenial, oleh karena itu gerakan ini mendapat respon positif dan dukungan dari kaum milenial maupun masyarakat Kota Makassar dalam bentuk transparansi menyatakan dukungan kepada Prabowo-Sandi pada masa kampanye berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31