Analisis Motivasi Pengunjung Wisatawan, Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Sektor Kerajinan

  • Ida Nuryana Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Indonesia
Keywords: Motivasi Wisatawan, Tingkat Pengetahuan, Industri Kreatif, Kerajinan

Abstract

Kota Batu mempunyai banyak potensi wisata yang layak untuk dikembangkan baik itu potensi wisata alam, wisata buatan (man-made attraction) dan wisata edukasi berbasis masyarakat lokal seperti produk industri kreatif sektor kerajinan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksporatif/ eksploratori (explorative/ exploratory) dengan pendekatan metode campuran (mix-methods). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi motivasi wisatawan yang dominan ke Kota Batu dan tingkat pengetahuan wisatawan tentang produk industri kreatif sektor kerajinan di Kota Batu. Hasil temuan di lapangan menunjukkan faktor dominan motivasi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu adalah istirahat dan relaksasi (rest and relaxation) untuk faktor pendorong dan faktor penarik wisatawan untuk datang ke Kota Batu adalah fasilitas wisata/ recreation facilities (wahana di wisata buatan, akomodasi, transportasi, dll). Sedangkan, hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan wisatawan tentang produk industri kreatif sektor kerajinan menunjukkan wisatawan masih memilki pengetahuan yang rendah terkait adanya berbagai produk industri kreatif terutama dari sektor kerajinan. Minimnya pengetahuan wisatawan selaras dengan sedikit informasi yang didapatkan oleh wisatawan mengenai produk industri kreatif sektor kerajinan di Kota Batu, Jawa Timur. Wisatawan lebih banyak mendapatkan informasi tentang produk unggulan wisata di Kota Batu yang berbasis wisata buatan (man-made attraction).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-03