Hubungan Pendidikan Agama Kristen dan Ilmu Humaniora Ditinjau dari Perspektif Sejarah Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Humaniora (humanities) sebagai ilmu pengetahuan yang pusat perhatiannya pada manusia dan budaya memainkan peranan penting dalam sejarah peradaban manusia. Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam sejarahnya berdampingan dengan perkembangan ilmu Humniora untuk mendidik manusia menjadi manusiawi namun tidak terlepas dari keimanan kristen. Dengan memperhatikan prinsip tersebut, PAK seharusnya dapat mengintegrasikan metode-metode penyelidikan analitik dan kritis yang berasal dari apresiasi nilai-nilai kemanusiaan dan kemampuan unik jiwa manusia untuk mengekspresikan dirinya sebagai bagian poin penting ajaran PAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas hubungan PAK dan ilmu Humaniora ditinjau dari perspektif sejarah PAK untuk menyumbangkan rekomendasi hasil penelitian kepada institusi pendidikan maupun para pendidik PAK terkait desain kurikulum PAK yang mengintegrasikan nilai-nilai kemanusiaan dan budaya manusia. Metode penelitian yang dilakukan dalam penyusunan makalah ini adalah studi kepustakaan. Untuk menghasilkan manusia yang bermoral dan berakhlak mulia berdasarkan nilai-nilai kekristenan dan kemanusiaan, PAK dapat menjadi wadah yang penting dalam mendidik generasi muda untuk mengapresiasikan nilai-nilai kehidupan dan keluhuran jiwa manusia dalam kehidupan sehari-harinya sebagai ciptaan Tuhan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Kristanti Winarti Huldayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.