Perspektif Destination Branding Kampung Kreatif Pempek Tanggo Rajo Cindo Sebagai Wisata Kuliner di Kota Palembang

  • Regita Dita Rifanni Fakultas Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Aldo Kevinandai Fakultas Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Desy Misnawati Fakultas Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Bina Darma, Palembang, Indonesia
Keywords: destinasi wisata, destinasion branding,wisata kuliner

Abstract

Kampung Kreatif Pempek Tanggo Rajo Cindo 7 Ulu merupakan destinasi wisata kuliner pempek di kota Palembang yang resmi didirikan Dinas Pariwisata pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara destinasi branding wisata tersebut dalam mengkomunikasikan identitas unik dari tempat ini agar menjadi tujuan wisatawan untuk berwisata yang berbeda dari kompetitornya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif .Teori yang digunakan Destination branding (morgan and picrhard 2004:69).Proses membangun Destination branding memerlukan beberapa tahapan yang tepat agar dapat menghasilkan citra yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan serta berdampak baik bagi daerah tersebut dari segi ekonomi maupun pariwisata yang menjadikan daerah tersebut lebih berkembang. Hasil penelitian ini pengurus telah mengimplementasikan tahapan destination branding dalam pengelolaan Kampung Kreatif Pempek Tanggo Rajo Cindo 7 Ulu melalui lima tahapan yakni mulai dari market investigation, analysis and srategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction: communicating the vision, brand implementation dan monitoring evaluation and review yang dapat dikatakan berhasil ditandai dengan meningkatnya jumlah pengunjung serta kualitas destinasi wisata sebagai tujuan berwisata kuliner di kota Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-07