Dampak Media Sosial dalam Quarter Life Crisis Gen Z di Indonesia

  • Amanda Permatasari Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Indonesia
  • Mohammad Ammar Marsa Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Indonesia
  • Setyonugroho Setyonugroho Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Indonesia
Keywords: Media sosial, Quarter life crisis, Gen Z.

Abstract

Sosial media sebagai salah satu media tempat berlangsungnya komunikasi massa saat ini telah menjadi kebutuhan dan dikonsumsi oleh masyarakat luas dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai konten yang ada di media massa dapat memberikan dampak kepada setiap yang menkonsumsinya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampak dari sosial media terhadap diri individu yang tergolong dalam generasi Z. Terlihat bahwa media sosial memberikan dampak terhadap individu, seperti salah satunya adalah merubah perasaan atau sikap seseorang. Quarter Life Crisis adalah salah satu dampak yang timbul pada pengguna sosial media yang berada pada generasi Z. Dampak ini membuat Generasi Z yang mengkonsumsi konten yang mengandung unsur ekonomi dan materil merasa takut gagal dalam karir dan pendidikan di masa yang akan datang.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-07