Perspektif Siswa dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Batara Gowa Kabupaten Gowa
Abstract
Pada hakekatnya pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Namun sejak munculnya Corona Virus Desiase 2019 yang mewabah di Indonesia menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah dengan penerapan sistem daring atau e-learning pada semua tingkatan pendidikan. SMP Batara Gowa adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Batara Gowa Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan tiga macam perspektif dari lima indikator. Indikator proses komunikasi pembelajaran dan respon peserta didik menunjukkan perspektif negatif. Indikator pengelolaan pelaksanaan pembelajaran menunjukkan perspektif positif. Indikator aktivitas belajar menunjukkan perspektif netral. Indikator hasil belajar siswa menunjukkan perspektif positif. Perspektif tersebut merupakan hasil wawancara dengan 10 informan di SMP Batara Gowa Kabupaten Gowa.
Downloads
Copyright (c) 2022 Irmawati Thahir, Megawati Megawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.