Analisis Proses Bisnis Platform Digital Industri Penyewaan Properti

  • Syam Sawal Qamar Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta Barat, Indonesia
  • Agus Munandar Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta Barat, Indonesia
Keywords: Proses Bisnis, Platform Digital, Properti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa serta mendeskripsikan proses bisnis platform digital industri penyewaan properti. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian membuktikan proses bisnis platform digital industri penyewaan properti terdiri dari dua proses yaitu proses pendaftaran dan pengelolaan properti sewa pada platform digital yaitu tera.traveloka.com. Kedua proses tersebut memiliki beberapa tahapan tersendiri yang harus dilakukan dan diterapkan oleh pemilik properti. Terdapat beberapa elemen dalam proses bisnis yaitu: peristiwa, aktivitas, pelaku, benda fisik objek informasi dan ouput. Peristiwa tampak pada minat investasi sektor properti yang terus mengalami peminatan. Aktivitas tampak pada adanya adanya peningkatan pada pengguna internet di Indonesia. Pelaku terdiri dari pemilik properti (Bapak Fachri Setiawan sebagai pemilik properti Pondok Alfaska 14) serta pihak Traveloka. Benda fisik terdiri dari properti Pondok Alfaska 14. Objek informasi terdiri dari informasi terkait dengan properti Pondok Alfaska 14 yang diberikan oleh Bapak Fachri Setiawan pada akun tera.traveloka.com. Output terdiri dari pelanggan Traveloka yang menggunakan akomodasi atau menyewa properti.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-07