A, Pengaruh PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI DI PT SARANA PANCA KARYA NUSA DISTRIBUTOR KABUPATEN MAJALENGKA)
Abstract
Strategi promosi dan kualitas produk adalah kedua hal yang tak bisa dilepaskan dalam proses penjualan produk, khususnya penjualan produk buku pelajaran sekolah dasar terbitan PT Sarana Panca Karya Nusa. Di samping saling terikat satu sama lain, kedua hal ini juga memberi pengaruh pada keputusan pembelian tersebut. Sebagaimana yang dipaparkan analisis dalam penelitian ini, strategi promosi personal selling mampu memberi pengaruh sebesar 26,99% terhadap keputusan pembelian produk. Sementara kualitas produk hanya mampu memberikan pengaruh sebesar 25,29% saja terhadap keputusan pembelian produk. Tapi, jika ditinjau lebih jauh, penerapan kedua hal tadi masih kurang maksimal. Sebab masih ada beberapa indikator yang menunjukkan angka di bawah espektasi penulis dan pemilik perusahaan. Walau demikian, disiplinnya perusahaan dalam menerapkan strategi promosi dan kualitas produk membuat penjualan buku pelajaran sekolah dasar terbitan PT Sarana Panca Karya Nusa masih lumayan tinggi, hal ini dibuktikan dengan bertenggernya PT Sarana Panca Karya Nusa di daftar penerbit buku terlaris di wilayah Kabupaten Majalengka pada tahun 2007 (dinas pendidikan Kabupaten Majalengka: 2007).
Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian