Pengaruh Service Innovation dan Perceived Usefulness terhadap Minat Pembelian Ulang pada Marketplace Melalui Intervening Kepuasan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Dika Prawita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Dwi Cahya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Indonesia
  • Epsilandri Septyarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Indonesia
Keywords: service innovation, perceived usefulness, kepuasan pelanggan, minat pembelian ulang

Abstract

Masih banyaknya kekhawatiran masyarakat akan penularan virus COVID-19, telah banyak mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli atau berbelanja. Masyarakat banyak memilih beralih berbelanja secara online daripada berbelanja secara offline. Ceruk pangsa pasar yang masih terbuka lebar, membuat perusahaan marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada saling berlomba untuk merebut hati para pelanggannya. Salah satu strategi marketing yang digunakan adalah dengan memberikan berbagai layanan inovasi yang diberikan bagi para pelanggannnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh service innovation dan perceived usefulness yang didapatkan oleh konsumen Tokopedia terhadap minat pembelian ulang menggunakan aplikasi Tokopedia dengan mediasi oleh variabel kepuasan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa service innovation dan perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel service innovation dan perceived usefulness juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang. Variable kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang. Selain itu pada pengaruh tidak langsung, didapatkan hasil bahwa variabel service innovation dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap minat pembelian melalui variable intervening kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-10