Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa: Kajian Pustaka

  • Aulia Ilfana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dede Rahmat Hidayat Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Kematangan karir siswa yang sangat rendah menjadi persoalan dalam dunia pendidikan terlihat dari siswa yang masih ragu terhadap karir masa depan dalam menentukan masa depan yang sesuai dengan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan karir pada siswa dengan konseling karir. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpukan sumber-sumber yang relevan dengan judul yang telah ditentukan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah konseling karir sangat membantu dalam meningkatkan kematangan karir siswa.  Melalui perencanaan karir, eksplorasi karir, membuat keputusan karir, informasi tentang dunia kerja, kelompok pekerjaan yang lebih disukai, dan realisasi keputusan karir yang akan lebih akurat dan terstuktur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 7, 2022
How to Cite
ILFANA, Aulia; HIDAYAT, Dede Rahmat. Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa: Kajian Pustaka. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9152-9159, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7540>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.7540.