Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan pendidikan inklusi di Indonesia. Saat ini diperkirakan sepuluh persen dari populasi anak dunia adalah anak berkebutuhan khusus (Accompany children, n.d.). Jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia terus meningkat, meski belum pasti. Tingginya prevalensi dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap masalah ini membuat Anak Berkebutuhan Khusus mendapat perhatian lebih. Pendidikan inklusi merupakan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang mensyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dapat memperoleh pendidikan yang setara dengan kelas biasa dengan teman sebayanya. Realitas implementasi kebijakan penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia masih belum sesuai dengan konsep yang dikemukakan dan pedoman pelaksanaan, baik dari sisi siswa, kualifikasi guru, sarana dan prasarana, dukungan orang tua maupun masyarakat. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusi akan sangat bergantung pada kerjasama pemerintah, guru dan orang tua secara bersama-sama.
Downloads
Copyright (c) 2022 Farhan Alfikri, Nyayu Khodijah, Ermis Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.