Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local Learning Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Oktariyani Oktariyani
  • Rani Puspa Juwita

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) yang terfokus pada pengembangan bahan ajar bahasa Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Bahasa Inggris anak kelas IV SD. Pembelajaran bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar masih jarang menggunakan bahan ajar yang mengangkat kearifan local Indonesia, seperti permianan-permainan tradisional oleh karena itu diperlukan inovasi dalam menciptakan pembelajaran bahasa Inggris yang menarik berbasis local learning yang berbentuk video permainan tradisional yang dikemas dalam bahasa Inggris dan sesuai dengan kurikulum Bahasa Inggris untuk siswa SD kelas IV, selain bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak bisa juga menambah rasa nasionalisme siswa. Dalam hal ini model pembelajaran yang akan diterapkan adalah pendekatan mix method. Jenis atau metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yaitu model produk yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pengembangan atau produksi media pembelajaran atau bahan ajar, dan (3) tahap penilaian atau evaluasi produk yang dikembangkan. Pada tahap evaluasi akan dilakukan evaluasi oleh expert, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli pembelajaran diperoleh 87% (Baik), ahli media 80,7% (Baik) dan ahli materi 84,8% (Baik). Hasil uji cobs krlompok kecil dengan 89,52% sangat baikk), evaluasi kelompok besar 89,76% (sangat baik), dan hasil uji coba lapangan 83,48% (baik).. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Inggris berbasis local learning dalam bentuk video animasi permainan tradisional baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Local Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-20