Peran Komite dalam Meningkatkan Pendidikan Orangtua di Sekolah Al Firdaus Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran komite sekolah dalam hal pendidikan orangtua siswa di Sekolah Al Firdaus Surakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Subyek penelitiannya yayasan, komite sekolah guru, pengurus Aorta dan orangtua. Tehnik pengumpulan data dengan wawancarara, observasi dan dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis datanya menggunakan analisa data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan komite sekolah sudah melaksanakan ke empat fungsinya dengan lengkap, baik sebagai pemberi pertimbangan, agen pendukung, agen pengawas dan sebagai mediator dalam hal mengadakan pendidkan orangtua siswa. Ada beberapa kekurangan berupa komite sekolah belum menjalankan peran sebagai pemberi pertimbangan dalam usulan sarana prasarana. Dalam peran sebagai pengawas, komite sekolah memiliki kekurangan dalam hal pengawasan tenaga dosen dalam Aorta. Ini disebabkan karena para orangtua pekewuh memberikan masukan pada dosen yang berasal dari guru. Dalam hal manajemen komite sekolah, langkah-langkah manajemen sudah dilakukan dengan baik dalam hal mengadakan parenting bagi orangtua, kecuali dalam hal pengawasan masih kurang rutin dilakukan dan beberapa dosen Aorta yang berasal dari guru jarang mendapat pengawasan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Nadjibah Yahya, Setyo Dwi Rahardjo, Andi Arif Rifa’i, Giyoto Giyoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.