Talk Show Politik ‘Mata Najwa’ dan Pengaruhnya terhadap Meningkatnya Partisipasi Politik Masyarakat
Abstract
‘Mata Najwa’ adalah sebuah program talk show televisi yang mampu menyedot perhatian publik karena menghadirkan narasumber terkenal dan kredibel dalam berbagai episodenya. Selain itu, Najwa Shihab yang menjadi presenter dalam diskusi politik ini juga mampu mengupas dengan tajam masalah sosial dan politik dalam konteks demokrasi liberal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa peranan Mata Najwa sebagai sebuah talk show politik dalam mempengaruhi audiensnya untuk berpartisipasi dalam aktivitas politik. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan kausalitas eksplanatif. Survei daring dilakukan kepada 100 orang responden yang dipilih dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Responden dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, antara lain berjenis kelamin pria maupun wanita, berusia di atas 17 tahun, sering menonton talk show Mata Najwa, dan berdomisili di Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menganalisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Mata Najwa berpengaruh signifikan terhadap peningkatkan keinginan penonton untuk berpartisipasi politik. Analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat (0.731) dengan pengaruh tayangan Mata Najwa yang dapat menjelaskan variasi peningkatan partisipasi politik masyarakat sebesar (53.5%), sedangkan sisanya (46.5%) disebabkan oleh faktor lain yang tidak diperiksa dalam penelitian ini. Ini juga menunjukkan bahwa program diskusi politik dalam bentuk talk show di televisi masih memiliki pengaruh kuat untuk mengubah perilaku masyarakat.
Downloads
Copyright (c) 2022 Amelia Resti Wijayanti, Rendro Dhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.