Pengaruh Metode Demonstrasi terdahap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Ukur Fisika di Kelas X SMA Negeri I Kutacane Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Makmur Hartono Universitas Gunung Leuser Aceh, Indonesia
Keywords: metode demonstrasi, hasil belajar dan alat ukur fisika

Abstract

Metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran metode demonstrasi dengan siswa mendapatkan  pembelajaran metode konvensional, pada materi Alat Ukur Fisika di SMA Negeri I Kutacane. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dilakukan pada bulan juli tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Kutacane yang berjumlah 44 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-I Berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes. Teknik analisis data dilakukan uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung =  2.75 dan nilai t tabel = 2.02 (t hitung  dari t tabel) pada taraf signifikan 0.05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran metode demonstrasi dibandingkan dengan siswa memperoleh pembelajaran metode konvensional di Kelas X SMA Negeri I Kutacane pada materi  Alat Ukur Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-16