Pengembangan Modul Tindak Tutur Pada Mata Kuliah Pragmatik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja

  • Emilia Contessa
  • Erwanto Erwanto

Abstract

Di balik bunyi, kata, dan kalimat terdapat makna yang tersirat yang sangat bergantung pada kapan, di mana, siapa yang berbicara, siapa lawan bicara, dan dalam situasi apa. Kajian seperti ini memerlukan cabang bahasa tertentu untuk mengkajinya. Cabang ilmu kebahasaan yang dimaksud adalah pragmatik. Pragmatik erat sekali hubungannya dengan tindak tutur atau dalam bahasa Inggris disebut dengan speech act . Dalam menelaah tindak tutur ini kita harus menyadari benar-benar betapa pentingnya konteks ucapan/ungkapan, karena konteks sangat mempengaruhi makna yang akan dihasilkan dari ucapan/ungkapan tersebut. Oleh karena itu, penelitian hanya terfokus pada kajian tindak tutur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbentuk modul tindak tutur pada mata kuliah pragnatik yang akan dijadikan bahan pengembangan pembelajaran, (2) mengembangkan bahan ajar berbentuk modul tindak tutur pada mata kuliah pragmatik di semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja, dan (3) mengetahui pengaruh potensial pengembangan bahan ajar tindak tutur pada mata kuliah pragmatik terhadap hasil belajar.Adapun target atau  luaran capaian yang akan dicapai dalam  penelitian ini adalah terindeks dalam jurnal nasional. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja semester VI yang berjumlah 40 mahasiswa pada tanggal 13 Juni  2019. Metode yang digunakan yaitu metode pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah prettest dan posttest. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan bahan ajar tindak tutur pada mata kuliah pragmatik hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji coba modul pada mahasiswa. Validasi bahan ajar ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data pada uji coba modul yang diperoleh melalui tes pilihan ganda sebanyak 30 soal menunjukkan nilai rata-rata 57,12 menjadi 71,70 (selisih 18,7). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan modul tindak tutur hasil pengembangan ini memiliki pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi tindak tutur.

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, modul, tindak tutur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20