Analisa Hubungan Siswa Terhadap Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Pelita Harapan Pontianak
Abstract
Guru merupakan public figure sekaligus teladan bagi anak didiknya, oleh karenanya kepribadian guru sangat menentukan bagaimana hubungan baik secara psikologis maupun teknis dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian dalam kajian ini adalah dengan menggunakan correlation study. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan penghitungan uji signifikansi dengan t-test satu sampel di dapatkan bahwa nilai t hitung sebesar 10.444 adalah sangat siknifikan pada taraf signifikansi 0,01. Dan uji hipotesis ini dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar PAK sangat tinggi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, 2) Berdasarkan penghindigan uji signifikansi dengan t-test satu sampel didapatkan bahwa nilai t hitung sebesar 13.958 adalah sangat signifikan pada tarat. signifikansi 0.01. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap Kepribadian Guru di SMP Pelita Harapan Pontianak adalah sangat tinggi berdasarkan kriteria yang ditetapkan 3) Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi anak persepsi Siswa terhadap kepridadian Guru dengan Motivasi Belajar PAK. Hasil analisis menunjukkan bahwa didapatkan r hitung xy sebesar 0.372 denean interprestasi hubungan kedua variabel adalah rendah dan pada tarap signifikan 0.01 adalah sangat signifikan dengan t hitung sebesar 3.646. Dari data tersebut determinasi variabel sebesar 0.138. Keterangan ini menunjukan bahwa persepsi Siswa terhadap Kepribadian Guru memberikan kontribusi sebesar 13.8°A terhadap motivasi Belajar PAK dan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang dalam penlitian ini tidak diteliti.
Kata kunci: Hubungan, Kepribadian Guru, dan Motivasi Siswa