Aktivitas Publik Relations Politik Pengelolaan Citra Prabowo sebagai Capres 2019

  • Hanif Rahman Magister Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Komunikasi Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Fal Harmonis Magister Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Komunikasi Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Keywords: Publik Relation Politik, Pengelolaan Citra Prabowo, Capres, 2019

Abstract

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno merupakan salah satu pasangan calon sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019. Dalam ajang ini, banyak strategi yang digunakan para caleg untuk menarik elektabilitas publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra Prabowo-Sandi dalam proses political branding yang ditampilkan di instagram @indonesiaadilmakmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Semiotik untuk melihat makna citra politik yang direpresentasikan dalam instagram @indonesiaadilmakmur dan konsep Political Branding yang difokuskan pada tiga indikator yaitu Penampilan, Kepribadian dan Pesan Kunci Politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika oleh Charles Peirce dengan pendekatan kualitatif dalam paradigma interpretif. Akhirnya, hasil penelitian ini menemukan bahwa proses branding Prabowo-Sandi yang terbentuk melalui tiga indikator political branding yaitu Penampilan, Kepribadian, dan Pesan Kunci Politik secara umum digambarkan sebagai sosok pribadi yang religius, tegas, keras, patriot, sopan, tenang, berintegritas, cerdas dan dekat dengan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-20