Pengembangan Media Layanan Informasi Menggunakan Booklet Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Di Sekolah
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan rendahnya sikap disiplin siswa disekolah, yang kemudian dilakukannya pengembangan media layanan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Penelitian dan perkembangan ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media layanan informasi booklet kepada siswa di SMA Negeri 1 Cijaku, dan juga bertujuan untuk dapat menguji kelayakan media yang dikembangkan oleh peneliti melalui ahli media, ahli materi, praktisi, juga respon siswa dengan adanya booklet yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research And Development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan alpha testing dan beta testing. Penelitian dan pengembangan media menggunakan metode ADDIE. Prosedur pengembangan media yaitu: Analyze (analisis), Tahap design (perancangan), Tahap development (pengembangan), Tahap implementation (implementasi), dan tahap evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa yang memiliki kategori disiplin sedang dan rendah yang ada di Kelas X Ips SMA Negeri 1 Cijaku. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis data menggunakan data kuantitatif yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media booklet layanan informasi untuk meningkatkan disiplin siswa di sekolah, dengan perolehan nilai sebesar 85% dari ahli materi, 86% dari ahli media, 86% Praktisi aspek materi, dan 81% praktisi aspek media, dan 89,2% dari pengguna atau siswa. Dengan perolehan hasil Pre-test 62,4% dan hasil post-test 84,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan booklet layanan informasi untuk meningkatkan disiplin siswa di sekolah ini sangat layak digunakan oleh siswa dan dapat di uji cobakan dalam skala yang lebih luas.
Downloads
Copyright (c) 2022 Sri Isnaendyah, Evi Afiati, Bangun Yoga Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.