Optimalisasi Tarif Paket Operasi Sebagai Strategi Pemasaran Rumah Sakit : Literature Review
Abstract
Penetapan tarif pelayanan pada rumah sakit dapat meringankan pembiayaan pelayanan rumah sakit bagi masyarakat ekonomi lemah, dapat dilakukan dengan tujuan memaksimalisasikan pendapatan dan meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi tarif paket operasi sebagai strategi pemasaran rumah sakit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur review. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa proses pemasaran yang dilakukan rumah sakit harus memperhatikan semua bauran pemasaran yaitu produk, tempat, promosi, tarif, orang, proses, dan penampilan fisik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran yang dikembangkan oleh rumah sakit dengan strategi paket harga operasi sesuai dengan target sasaran. Dengan adanya kepastian biaya atau tarif operasi sebelum tindakan atau sebelum operasi dijalankan membuat pasien menjadi tidak takut terjadi peningkatan/ pembengkakan biaya dan diharapkan dengan program bauran pemasaran rumah sakit tersebut dapat meningkatkan kunjungan operasi dan menambahkan keuntungan rumah sakit.
Downloads
Copyright (c) 2022 Rosna Meutia, Adang Bachtiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.