Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Titl-1 SMK Negeri 3 Kuningan
Abstract
Model pembelajaran Group Infestigation dalam pengaplikasiannya menekankan pada partisipasi serta aktivitas siswa agar dapat mencari sendiri materi atau informasi pelajaran yang akan dibahas melalui bahan bahan yang tersedia. Maka dilaksanakan Penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah Bagaimana aktivitas belajar Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan terhadap pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation? Bagaimana hasil belajar Pengukuran Listrik yang dilakukan oleh Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation?, dan apakah model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dari hasil belajar Pengukuran Listrik oleh Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan? Penelitian dilaksanakan dua siklus, dibantu oleh dua observer, pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Berdasarkan data, analisis data, serta pada pembahasan dan hasil penelitian disimpulkan Respon Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan dalam proses pembelajaran Pengukuran Listrik menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dalam kategori “Cukupâ€, nilai rata-rata (83,1); Kompetensi belajar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dalam kategori “Cukup Kompetenâ€, nilai rata-rata (81,9); Proses pembelajaran Pengukuran Listrik pada Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation terlaksana dengan “baikâ€, nilai rata-rata (85,0); Proses pembelajaran Pengukuran Listrik menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kompetensi Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Kuningan , hal ini terbukti indikator yang diamati dan dinilai mengalami peningkatan yang positif. Respon Siswa terhadap pembelajaran meningkat (3,7%), Kompetensi belajar Pengukuran Listrik meningkat (2,5%), Ketuntasan belajar meningkat (17,3%). Dan proses pembelajaran meningkat (8,1%).
Kata kunci: Kompetensi Pengukuran Listrik, Menggunakan Group Investigation