Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotik Puji Lestari Majalengka

  • Ahmad Kamaludin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan jasa pelayanan kesehatan yang memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Fonomena yang terjadi karena pelayanan dan kepuasan yang diterima pelanggan menjadi hal yang cukup penting. Kepuasan pelanggan akan menciptakan loyalitas dan merupakan media promosi yang efektif. Dengan memandang semakin besarnya ketetuan lingkungan terhadap bobot pelayanan sangat penting juga besarnya bobot pelayanan dengan membandingkan antara jasa yang diharapkan dan jasa yang dirasakan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian peninjauan. Menurut Kerlinger (Dalam buku metode penelitian dan teknik menyusun tesis, Drs. Riduwan, MBA, 2004:49) mengemukan bahwa: “Penelitian survei ialah penelitian yang dilaksanakan terhadap populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut,hingga ditemui kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis.†Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, studi pustaka dan wawancara. Adapun Analisis Data penelitian ini menggunakan statistik Deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas dan di akhiri dengan uji parsial (Uji t). Uji validitas dan reliabilitas dipakai untuk menghitung akurasi data dan ketepatan instrumen pengukur melalui butir-butir pertanyaan yang diajukan dalam penelitian.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan,Kepuasan Konsumen, Apotik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-20