Pengembangan Asesmen Pengetahuan Job Information (APJI) Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Berbasis Gamifikasi

  • Aniyatussaidah Aniyatussaidah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Keywords: Job Information, Lulusan SMK Akuntansi, Asesmen berbasis gamifikasi

Abstract

Pemilihan Karier yang keliru dapat dipengaruhi karena kurangnya pengetahuan anak tentang informasi pekerjaan. Lulusan SMK sebagai penyumbang pengangguran tertinggi sehingga menimbulkan   banyak   pandangan   negatif   terhadap   sistem pembelajaran   di   SMK. Akuntansi adalah salah satu jurusan yang banyak diminati dikalangan siswa SMK. Tidak sedikit siswa jurusan SMK Akuntansi yang belum memiliki pengetahuan megenai informasi pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.  Isu yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah isu keterbatasan alat ukur pengetahuan tentang Job Information lulusan SMK Akuntansi berbasis gamifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan pembuatan Instrumen Asesmen Pengetahuan Job Information (APJI) berbasis gamifikasi menggunakan website Quizziz.  Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yaitu dengan mengumpulkan bahan bacaan dari berbagai artikel ilmiah lalu membandingkan teori serta hasil penelitian, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil studi literatur didapatkan mengenai informasi pekerjaan perlu dimiliki individu khususnya dalam hal ini lulusan SMK Akuntansi, selain itu belum adanya alat ukur untuk mengukur pengetahuan siswa mengenai informasi pekerjaan, sehingga tidak bisa dipastikan apakah siswa sudah memiliki pengetahuan tersebut atau belum, oleh karena itu berdasarkan temuan yang diperoleh, penulis juga memaparkan mengenai rancangan pembuatan instrument APJI berdasarkan teori Job Information dari Mullins.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-01