Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, Motivasi, dan Karakteristik Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi pada Dinas Perhubungan Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara

  • Doni Lai Magister Administrasi Publik, Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia
  • Zulmasyhur Zulmasyhur Magister Administrasi Publik, Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia
  • Mani Festati Broto Magister Administrasi Publik, Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia

Abstract

Setiap organisasi berharap dapat mencapai target organisasi secara keseluruhan yang ditetapkan sesuai dengan visi dan misi organisasi secara efektif. Dinas Perhubungan Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, merupakan salah satu organisasi aparatur daerah yang tugas utamanya menangani moda transportasi daerah, belum mencapai target organisasi secara keseluruhan. karena itu, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kompetensi, motivasi, dan karakteristik organisasi terhadap efektivitas organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel 88 (delapan puluh delapan) karyawan menggunakan teknik analisis data uji pengaruh regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, kompetensi, motivasi, dan karakteristik organisasi memiliki efek positif dan signifikan terhadap efektivitas organisasi di Dinas Perhubungan, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu diperhatikan untuk meningkatkan peran kepemimpinan, kompetensi pegawai terkait dengan jenjang pendidikan dan pelatihan, motivasi yang diberikan oleh atasan kepada karyawan, dan karakteristik organisasi yang berkaitan dengan struktur dan teknologi dalam organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 6, 2022
How to Cite
LAI, Doni; ZULMASYHUR, Zulmasyhur; BROTO, Mani Festati. Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, Motivasi, dan Karakteristik Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi pada Dinas Perhubungan Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9053-9067, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8484>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8484.