Analisis Pengaruh Information dan User Interface Quality terhadap Loyalty of E-Customer dalam Menggunakan Dompet Digital “OVO”

  • Sharon Aljeazsa L. Silalahi Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Sfenrianto Sfenrianto Universitas Bina Nusantara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh information quality dan user interface quality terhadap loyalitas e-customer dalam menggunakan aplikasi dompet digital OVO.  Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survei. Berdasarkan tingkat eksplanasinya penelitian ini digolongkan dalam penelitian asosiatif kausal atau hubungan, yaitu penelitian untuk mengetahui sebab akibat. Hubungan atau pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), dimana variabel X pada penelitian ini adalah infoemastion dan user interface quality sedangkan variabel Y pada penelitian ini adalah loyalitas e-customer dalam menggunakan OVO. Dalam penelitian ini, proses pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling, dimana populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi OVO di Yogyakarta. Beberapa pedoman untuk menentukan ukuran sampel yaitu apabila pendugaan parameter menggunakan metode kemungkinan maksimum (maximum likelihood estimation) ukuran sampel yang disarankan adalah 100 hingga 200, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 sampel yang terdiri dari pengguna aplikasi OVO di Yogyakarta. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas dan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan information quality dan user interface quality secara bersama-sama atau secara simultan terhadap loyalitas e-customer dalam menggunakan aplikasi dompet digital OVO, terdapat pengaruh positif dan signifikan information quality dan user interface quality secara parsial terhadap loyalitas e-customer dalam menggunakan aplikasi dompet digital OVO. Saran yang dapat diberikan kepada pihak manajemen OVO adalah meningkatkan kualitas informasi yang ada di dalam aplikasi dompet digital OVO dan meningkatkan kualitas user interface yang saat ini menjadi modal penting bagi industry financial technology di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 6, 2022
How to Cite
SILALAHI, Sharon Aljeazsa L.; SFENRIANTO, Sfenrianto. Analisis Pengaruh Information dan User Interface Quality terhadap Loyalty of E-Customer dalam Menggunakan Dompet Digital “OVO”. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9104-9117, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8490>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8490.