Integrative Review; Komunikasi Krisis dan Skandal Seksual dalam Gereja Katolik

  • Hersintus Suwenda Syahsuyoso Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Dadang Rahmat Hidayat Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Centurion Centurion Priyatna Universitas Padjadjaran, Indonesia

Abstract

Konteks krisis dalam Gereja Katolik yang secara faktual terjadi atau yang secara tidak langsung diungkapkan dalam berbagai kajian ilmiah dapat menjadi pijakan untuk mengonstruksikan fenomena krisis sebagai sebuah persoalan komunikasi. Berdasarkan pemahaman tersebut kajian ini bertujuan untuk meninjau peluang perspektif komunikasi krisis dapat dipakai untuk mengakomodasi berbagai penelitian lainnya yang berbicara tentang skandal seksual dalam organisasi publik terutama institusi Gereja Katolik. Kajian ini menggunakan metode Kajian Pustaka dengan teknik Integrative Review. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa hasil dan rekomendasi penelitian-penelitian tentang skandal seksual dalam organisasi publik terutama Gereja Katolik mendukung pengembangan strategi komunikasi krisis. Ada dua alasan yang dapat menjadi pijakan penggunaan komunikasi krisis sebagai konsep yang dapat dipakai sebagai kerangka pemikiran dalam menelaah krisis seksual skandal dalam Gereja Katolik. Pertama, pemangku kepentingan dalam organisasi Katolik telah mempersepsikan kondisi yang terjadi sebagai sebuah krisis. Kedua, hasil kajian dan rekomendasi dari berbagai penelitian mengungkapkan pentingnya tanggapan dan strategi komunikasi yang efektif dan efisien dari organisasi Gereja Katolik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 8, 2022
How to Cite
SYAHSUYOSO, Hersintus Suwenda; HIDAYAT, Dadang Rahmat; PRIYATNA, Centurion Centurion. Integrative Review; Komunikasi Krisis dan Skandal Seksual dalam Gereja Katolik. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9192-9210, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8543>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8543.