Pengaruh Model Pembelajaran Eliciting Activities dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Confidence Siswa

  • Kama Robbayani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Indonesia
  • Zainal Azis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Indonesia
  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat: 1) Pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 2) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 3) Pengaruh yang signifikan antara MEAS dan PBL terhadap self confidence siswa. 4) Interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah quasi eksperimen dan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran eliciting activities dan kelompok eksperimen yang menerapkan model PBL. Pada penelitian ini analisis datanya menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitiannya memperlihatkan jika: (1) Model eliciting activities dan model PBL mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara signifikan yang mana angka signifikasi modelnya 0,003    = 0,05. (2) Ada interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan angka signifikasi Corrected modelnya 0,000    = 0,05. (3) Model eliciting activities dan model PBL secara signifikan mempengaruhi self confidence siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,022    = 0,05. (4) Ada interaksi antara KAM siswa dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan angka signifikasi Corrected modelnya 0,009    = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 11, 2022
How to Cite
ROBBAYANI, Kama; AZIS, Zainal; IRVAN, Irvan. Pengaruh Model Pembelajaran Eliciting Activities dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Confidence Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9129-9141, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8574>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8574.