Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Alodokter Selama Pandemi Covid-19

  • Aini Ashary Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Ari Pradhanawati Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Reni Shinta Dewi Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan pada pengguna aplikasi Alodokter. Metode penelitian ini adalah survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi Alodokter dan responden yang sudah mengikuti Instagram Alodokter. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan aplikasi Alodokter, hal ini dibuktikan dari aplikasi Alodokter mempunyai fitur atau tampilan yang mudah digunakan oleh pengguna; dan 2) persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan aplikasi Alodokter. Originality/Value/Contribution – Ketika masa pandemi Covid-19 semua orang sangat disiplin menjaga jarak secara fisik terhadap orang lain. Penelitan ini merupakan studi pertama yang membahas penggunaan aplikasi kesehatan di masa Pandemi Covid -19 di Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi semua pihak untuk memperkenalkan aplikasi ini kepada masyarakat luas agar masyarakat semakin memahami bahwa aplikasi kesehatan nomor satu di Indonesia ini sangat mudah dan bermanfaat ketika digunakan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 14, 2022
How to Cite
ASHARY, Aini; PRADHANAWATI, Ari; SHINTA DEWI, Reni. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Alodokter Selama Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9520-9534, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8659>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8659.