Pengaruh Adversity Quotient, Efikasi Diri dan Need For Achievement terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

  • Ani Muttaqiyathun Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Raditya Aji Rusdiyana Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract

Pembangunan akan berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja. Pemerintah tidak akan mampu menggarap semua aspek pembangunan karena banyak membutuhkan anggaran belanja, personalia dan pengawasan. Wirausahawan merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam kualitas wirausahawan itu sendiri. Sekarang ini, kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesia masih relatif sedikit dan kualitasnya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalan pembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient, efikasi diri dan need for achievement terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di program studi Manajemen pada Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa aktif dan secara spesifik telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Dengan demikian teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pengujian baik secara parsial maupun simultan adversity quotient, efikasi diri dan need for achievement  berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 15, 2022
How to Cite
MUTTAQIYATHUN, Ani; RUSDIYANA, Raditya Aji. Pengaruh Adversity Quotient, Efikasi Diri dan Need For Achievement terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9586-9598, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8696>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8696.