Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing terhadap Peningkatan Kinerja UKM pada (Citra Sari Snack & Catering Tanjungpinang)

  • M. Syuzairi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
Keywords: Peran Orientasi Pasar,Orientasi Kewirausahaan,Strategi Bersaing dan Peningkatan Kinerja UKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peran Orientasi Pasar,Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Peningkatan Kinerja UKM. Populasi didalam penelitian adalah 15 orang karyawan Citra Sari Snack dan Catering Tanjungpinang. Pengambilan sampel dengan teknik jenuh, maka jumlah sampel sebanyak 15 karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner dilakukan test validitas dan realibilitas. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, termasuk uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Peran Orientasi Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2), dan Strategi Bersaing (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UKM (Y). Hasil uji F diperoleh nilai F hitung 38,783 dengan nilai F tabel 3,89 mengidentifikasi bahwa variabel Peran Orientasi Pasar,Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing secara silmutan berpengaruh  signifikan terhadap variabel Kinerja UKM (Y). Berdasarkan Uji koefisien determinasi, sekitar 89% variabel Kinerja UKM dipengaruhi oleh Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Strategi Bersaing. Sisanya 11% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-21